Lulus Kuliah Tepat Waktu atau di Waktu yang Tepat?


mahasiswa
sumber gambar : okezone.com
Banyak kemudian mahasiswa yang ingin lulus atau selesai dengan cepat. mereka tak ingin lama bergelut dengan yang namanya SKRIPSI, mereka mau buru-buru menginjakkan kaki di jenjang hidup selanjutnya. Namun, realitasnya orang yang lulus dengan tepat waktu akan sangat berbeda dengan orang yang lulus pada waktu yang tepat, mengapa saya mengatakan demikian? karena tidak lulus tepat waktu justru akan mengantarmu untuk membawa segudang manfaat baik serta pengalaman yang mengesankan untukmu.

Percayalah, kamu akan mendapatkan lebih banyak pengalaman yang sangat berharga daripada mahasiswa yang buru-buru untuk menyandang gelar sarjana, coba kalian pikirkan sendiri. Nah, untuk itu melalui tulisan ini saya telah merangkum berbagai fakta dan realitas yang terjadi berdasarkan apa yang saya alami dan hasil survei dari beberapa mahasiswa yang tidak cepat selesai namun merasakan manfaatnya begitu besar.

1. Mendapatkan gelar sarjana dalam waktu yang lama membuat pengalaman yang kamu dapat lebih banyak daripada mereka yang lulus cepat.

Berstatus sebagai mahasiswa lebih lama daripada mereka yang selesai cepat tentu akan membuatmu mempunyai banyak pengalaman. tidak terburu-buru terjun ke dunia kerja atau buru-buru untuk berkeluarga, kamu justru mampu menikmati masa kuliah dengan maksimal. kamu akan memiliki banyak pengalaman yang berharga sebagai mahasiswa dan seorang anak perantauan yang nantinya mampu dikenang dan diceritakan kepada anak maupun cucu kelak.

2. Tidak cepat lulus justru akan membuatmu lebih MATANG

Memang keuntungan dari lulus dengan tepat waktu adalah dapat menghemat biaya, umur, waktu dan tenaga. Akan tetapi, tidak lulus tepat waktu juga mempunyai hal baik yang bisa kamu dapat. kamu justru bisa menggarap skripsi secara lebih sungguh-sungguh dan tidak diburu oleh waktu karena target lulus cepat. selain daripada itu, ilmu yang kamu dapatkan dibangku perkuliahan juga mampu diserap secara matang dikarenakan kamu lebih mementingkan proses dibanding hasil yaitu cepatnya lulus atau dengan kata lain 'yang penting lulus'.

3. Kesibukan di luar perkuliahan yang menyita waktumu justru akan membuatmu mendapat banyak hubungan ( jaringan ) di luar sana.

Salah satu alasan yang membuat kamu tidak bisa selesai tepat waktu adalah karena banyaknya kesibukan diluar dari aktivitas kuliah. Akan tetapi, sebenarnya hal ini mampu membawakan segudang manfaat baik untuk kamu. Dengan mempunyai banyak aktivitas di luar kampus, maka kamu pasti punya banyak link. siapa yang tahu pekerjaanmu di masa yang akan datang bersumber dari salah satu link ( jaringan ) kamu.

4. Prestasi mungkin bukanlah hal yang utama untukmu, tapi kamu justru mampu melihat hal yang lebih penting lainnya.

Mungkin prestasi bukan hal utama bagimu karena kamu tak memiliki target untuk lulus cepat. Akan tetapi, hal ini akan membuatmu peka terhadap hal yang lebih penting lainnya. kamu bisa melihat betapa pentingnya arti dari persahabatan, dan realitas kehidupan di luar kampus yang bisa kamu temukan.

5. Ketika SKRIPSI, masalah yang datang akan kamu jadikan sebagai proses pendewasaan dikemudian hari.

Ada banyak hal yang mampu memicu mahasiswa tidak lulus tepat waktu. Entah itu sulitnya skripsi, permasalahan ekonomi, atau bahkan dosen pembimbing yang tidak cocok. Akan tetapi, sebenarnya semua ini bisa jadi proses pendewasaanmu. Nantinya dikemudian hari kamu akan lebih siap untuk menghadapi dunia kerja yang bahkan lebih keras dibanding ketika kamu masih kuliah.

6. Perjuangan untuk menyandang gelar sarjana akan lebih terasa dan terbayar lunas pada waktunya.

Tidak mempunyai target untuk lulus cepat akan membuat studimu berjalan mengalir apa adanya. Akan tetapi, perjuanganmu ketika mengerjakan skripsi dan menyandang gelar sarjana akan lebih terasa. ketika lulus nanti kamu benar-benar merasa puas karena banyaknya pengalaman yang didapat selama kuliah serta ilmu yang matang.

7. Ketika lulus nanti, kamu tidak akan kebingungan harus bagaimana selanjutnya karena semua sudah terpikirkan matang-matang dikepala.

Seringkali mereka yang ingin lulus tepat waktu belum mempunyai rencana atau bahkan belum terpikirkan untuk langkah selanjutnya. Pasalnya, mereka hanya fokus kepada skripsi dan terpengaruh oleh status sarjana. Hal ini akan membuat mereka lupa untuk memikirkan rencana selanjutnya. Berbeda dengan mereka yang tidak ingin lulus cepat, mereka justru mampu memiliki rencana yang matang setelah lulus nantinya.

8. Banyak yang lulus cepat tapi tidak tau mau kemana?

Faktanya, ini yang banyak terjadi dikalangan mahasiswa, terutama yang lulus cepat. mereka setelah lulus kebingungan mau kemana dan pada akhirnya menyandang status pengangguran. Semua itu dikarenakan pada saat jadi mahasiswa mereka diburu waktu untuk cepat-cepat sarjana tanpa memikirkan hal apa yang akan mereka lakukan kedepannya. Karena tergesa-gesa akhirnya skripsi pun menjadi fokus utama dan rencana selanjutnya dilupakan.

Janganlah terburu-buru untuk wisuda, nikmati saja proses selama kamu menjadi mahasiswa. Jangan terperangkap dengan jebakan 'SARJANA' yang seolah olah mengendalikan dirimu untuk cepat-cepat mendapatkannya sehingga kamu lupa untuk bagaimana rencana selanjutnya.

Postingan terkait:

5 Tanggapan untuk "Lulus Kuliah Tepat Waktu atau di Waktu yang Tepat?"

  1. Iya betul kang nikmati saja dulu masa masa kuliah dan jangan cuman nikmatin saja tapi belajar juga dan memikir langkah apa yang bagus untuk dilakukan di masa depan itu kalau menurut saya bagus mah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, betul kang saya sependapat dengan anda. thanks sudah berkunjung

      Delete
  2. Saya setuju dengan artikel ini, karena memang kondisi sekarang rata2 mahasiswa asal kuliah mengejar skripsi tanpa memikirkan hal apa yang akan dilakukan selanjutnya. terima kasih gan infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke gan sama-sama, makasih dah berkunjung

      Delete
  3. bagus kak, keren banget artikelnya sangat membatun untuk meningkatkan jualan grosiran saya www.jaketmurahbanget.id
    Thx ya kak ^_^

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan bijak dan positif, komentar yang masuk dalam kategori spam akan dihapus dan juga komentar yang menyertakan link aktif akan dihapus pula. Terima Kasih